Kamis, 10 Mei 2012

pidato meningkatkan minat baca

Tema   :Meningkatkan Minat Baca di Sekolah
Situasi : Formal
Tempat: Hall

Yth. Kepala Desa Kumbutambahan.
Yth. Kepala SMA N Bali Mandara (Sampoerna Academy).
Yth. Head of Academic, Head of Student Service, Head of Operational.
Yth. guru beserta staff SMA N Bali Mandara (Sampoerna Academy) dan teman-teman yang saya banggakan dan saya cintai.

            Om Swastiastu.
            Puji syukur kita panjatkan ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena berkat rahmat Beliaulah kita semua dapat berkumpul di sini dalam keadaan yang sehat. Semoga apa yang kita harapkan dapat terkabulkan oleh Beliau.
Hadirin yang terhormat,
Sudahkah anda membaca hari ini? Pernahkah anda terpikir untuk membaca buku sejenak walau sesibuk apa pun anda? Seiring dengan berkembangnya arus globalisasi, kita sebagai negara yang berkembang patut bisa menyesuaikan diri. Perkembangan itulah yang menyebabkan kita semua harus bisa mencari informasi yang ada dan terjadi. Nah, dengan membaca kita dapat mengetahui informasi yang terjadi. Namun anak remaja sekarang sudah enggan untuk membaca. Bagi mereka membaca itu adalah hal yang sangat membosankan dan bikin ngantuk. Mereka tidak tahu bahwa dengan membaca mereka memiliki segudang manfaat yang bisa mereka dapatkan.
            Indonesia merupakan negara dengan banyak kepulauan yang memiliki berbagai sumber daya alam. Oleh karena itu, Indonesia harus memiliki pengetahuan, skill dan teknologi yang cukup untuk mengolah sumber daya yang ada. Perlu adanya peningkatan minat baca para remaja agar mereka mengetahui berbagai informasi dan memperoleh pengetahuan yang baru. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa.
Tersedianya perpustakaan yang lengkap dan dikelola dengan baik. Bicara terkait dengan budaya tidak lepas dengan adanya peran penting sebuah perpustakaan terlebih di sekolah. Sebuah perpustakaan harus memberikan pelayanan yang baik dan manajemen yang baik pula bagi siswa. Adanya referensi buku yang lengkap maka siswa dapat mencari buku yang mereka inginkan.
            Memberikan hadiah bagi siswa yang sering meminjam buku dan rajin membaca merupakan cara yang asik dan menyenangkan,karena siswa-siswa yang rajin untuk datang dan membaca di perpustakaan mendapatkan penghargaan. Hal ini dapat mendorong siswa yang jarang ke perpustakaan menjadi lebih sering berkunjung ke perpustakaan. Caranya bisa dilakukan dengan kerjasama antara pihak perpustakaan dan kepala sekolah melalui kebijakan. Hadiah tersebut bisa diberikan misalnya untuk siswa paling sering meminjam buku di perpustakaan. Jadi ada semacam ketentuan berlaku di sini bahwa yang mendapatkan hadiah adalah mereka yang rajin meminjam buku yang kemudian diikuti dengan peningkatan prestasi setelah rajin membaca.
            Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menigkatkan minat baca siswa. Namun semua yang dilakukan membutuhkan proses. Mulailah untuk berbenah dari diri sendiri untuk membaca buku walaupun hanya sebentar .Melalui banyak membaca kita tidak seperti katak dalam termupurung yang hanya bisa berkutik di dalam tempurungnya saja, tapi dia tidak tahu dunia luar. Kita patut mengetahui informasi yang ada di dalam lingkungan sendiri, tapi juga mengetahui informasi yang ada di luar. Sehingga dengan meningkatnya minat baca terutama di kalangan para siswa maka tujuan bangsa Indonesia sesuai dengan pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa akan terwujud dan Indonesia akan bisa bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini.
            Demikian sepatah dua patah kata yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini. Saya mohon maaf yang sebesar- besarnya apabila ada salah kata yang tidak berkenan di hati para hadirin.Semoga dengan pertemuan yang berbahagia ini kita dapat tingkatkan minat baca para siswa. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan saya tutup dengan paramasanthi.
 Om Santih, Santih, Santih,Om.

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar